• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Orientasi Ruangan Terhadap Perilaku Adaptif pada Anak Usia Sekolah yang dirawat di RSD dr. R. Soedarsono Pasuruan

    Thumbnail
    View/Open
    F. Kep_Prosiding_Dwining Handayani_Pengaruh Orientasi Ruangan Terhadap Perilaku Adaptif pada Anak.pdf (704.1Kb)
    Date
    2019-11-23
    Author
    HANDAYANI, Dwining
    AKBAR, Dian Rahmadin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hospitalisasi pertama bagi anak usia sekolah merupakan suatu stressor yang menimbulkan respon perilaku kecemasan karena perpisahan, cedera dan nyeri tubuh akibat tindakan invasif, yang berupa regresi, ketergantungan, perasaan takut, dan rasa bersalah. Hal tersebut dapat menghambat pemberian perawatan dan pengobatan. Salah satu upaya agar anak dapat berperilaku adaptif saat dirawat di rumah sakit yaitu dengan pemberian orientasi ruangan. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pengaruh orientasi ruangan terhadap perilaku adaptif pada anak usia sekolah saat dirawat di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dan menggunakan instrumen lembar observasi perilaku adaptif. Populasi adalah seluruh anak usia sekolah yang dirawat di ruang anak RSD dr. R. Soedarsono Pasuruan, sedangkan sampel berjumlah 26 anak yang diambil dengan metode kuota sampling dengan kurun waktu 4 minggu sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. 13 anak sebagai kelompok kontrol yang tidak dilakukan orientasi ruangan dan 13 anak lagi sebagai kelompok perlakuan dengan diberikan orientasi ruangan sebanyak 3 kali sehari. Data dianalisa dengan menggunakan deskriptif qualitatif sedangkan orientasi ruangan terhadap perilaku adaptif anak usia sekolah menggunakan analisis statistik uji beda t-test. Hasil penelitian hari pertama (0.4467<0.2180), hari kedua (1.4559<2.180) dan hari ke tiga didapatkan perbedaan yang signifikan (3.4439>2.180. Ada pengaruh orientasi ruangan terhadap perilaku adaptif anak usia sekolah yang dirawat di RSD dr. R. Soedarsono Pasuruan. Saran bagi peneliti selanjutnya perlu penambahan sampel dan instrument yang sempurna.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99686
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository