Hubungan Antara Pemenuhan Tugas Perkembangan Emosional dengan Tingkat Stres Pada Remaja
Date
2019-12-01Author
CAHYONO, Bagus Dwi
HANDAYANI, Dwining
ZUHROIDAH, Ida
Metadata
Show full item recordAbstract
Stres yang dialami oleh remaja salah satunya adalah perkembangan. Tugas
perkembangan remaja difokuskan upaya meninggalkan sikap dan perilaku masa anakanak
dan menuju masa dewasa. Sehingga, tugas perkembangan emosional remaja
menjadi salah satu sumber stresor pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara pemenuhan tugas perkembangan emosional dengan
tingkat stres pada remaja siswa kelas X SMK Sakinah Pasuruan. Studi observasional
menggunakan desain cross-sectional dilakukan pada remaja SMK Kesehatan Sakinah
Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan
total sebanyak 222 orang responden dan dibagi dalam setiap kelas dan program. Hasil
penelitian menunjukkan nilai korelasi () sebesar -0,519. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah terdapat hubungan antara pemenuhan tugas perkembangan emosional dengan
tingkat stres pada remaja siswa kelas X akuntansi SMK Sakinah Pasuruan dengan
tingkat korelasi sedang dan hubungan yang terbalik. Berdasarkan hasil penelitian ini,
disarankan agar menggunakan desain dengan pengukuran yang lebih objektif, instrumen
yang lebih spesifik dan objektif, dan diterapkan pada fase perkembangan yang lain.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]