Hubungan Antara Keterampilan Berfikir Sejarah dan Pemahaman Sejarah Indonesia Dengan Kesadaran Sejarah Siswa Sma DI Kabupaten Jember
Abstract
Pada era modern ini pembelajaran sejarah harus berorientasi kepada pengembangan kesadaran sejarah dalam diri siswa. Kesadaran sejarah menjadi penting untuk dikembangkan dalam diri siswa karena kesadaran sejarah dapat menjadi kontrol bagi penetrasi budaya asing dan penyadaran diri akan nilai-nilai luhur bangsa. Kesadaran sejarah dapat dikembangkan melalui pemahaman sejarah dan keterampilan berfikir sejarah. Pada kenyataannya, di Kabupaten Jember pembelajaran sejarah masih belum mengarah ke arah proses pengembangan kesadaran sejarah. Terlebih lagi, penelitian tentang kesadaran sejarah di Kabupaten Jember masih minim. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman sejarah Indonesia dan kesadaran sejarah; (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan berfikir sejarah dan kesadaran sejarah; (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman sejarah Indonesia dan keterampilan berfikir sejarah secara bersama-sama dengan kesadaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis hubungan antara pemahaman sejarah Indonesia dan kesadaran sejarah; (2) untuk menganalisis hubungan antara keterampilan berfikir sejarah dan kesadaran sejarah; (3) untuk menganalisis hubungan antara pemahaman sejarah Indonesia dan keterampilan berfikir sejarah secara bersama-sama dengan kesadaran sejarah. Manfaat yang ingin dicapai oleh peneliti adalah (1) Untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan sebagai wawasan untuk melakukan penelitian selanjutnya.; (2) Sebagai sumbangan pemikiran kepada Universitas Negeri Jember yang merupakan tempat peneliti melaksanakan studi.; (3) Untuk menumbuhkan kesadaran sejarah pada diri generasi muda khusunya para siswa.; (4) bagi almamater, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Jember, Indonesia. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas dengan populasi seluruh anak kelas XII jurusan IPS dari SMA Negeri 1 sampai SMA Negeri 5 Jember, sedang samplenya sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan design penelitian korelasional. variabel dalam penelitian ini antara lain adalah variabel pemahaman sejarah Indonesia dan keterampilan berfikir sejarah sebagai variabel bebas dan kesadaran sejarah sebagai variabel terikat. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan dokumen dan angket. Dokumen digunakan untuk mengambil data variabel X1, Angket digunakan untuk mengambil data variabel X2 dan Y. Analisis data untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan parametrik. Hasil dan pembahasan yaitu (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pamahaman sejarah Indonesia (X1) dengan variabel kesadaran sejarah (Y); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan berfikir sejarah (X2) dengan kesadaran sejarah (Y); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman sejarah Indonesia (X1) dan keterampilan berfikir sejarah (X2) secara bersama-sama dengan kesadaran sejarah (Y). Kesimpulan dari penelitian ini yang merupakan jawaban dari permasalahan yang ada. Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada para pengambil keputusan, agar senantiasa menjadi sejarah sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan atau kebijakan; (2) kepada para guru sejarah, agar memperhatikan aspek pemahaman Sejarah Indonesia dan keterampilan berfikir sejarah pada diri siswa dengan merencanakan proses pembelajaran yang berbasis kepada keduanya baik dari segi model, metode, ataupun asesmen; (3) kepada peneliti lain, agar melakukan penelitian lebih lanjut tentang kesadaran sejarah, sehingga dapat ditemukan teori baru yang memperkuat penelitian sebelumnya.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KERAJAAN LAMAJANG TIGANG JURU TAHUN 1294 M – 1316 M DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE
Silvi, Dwiki Olivia (2015-12-02)Bahan ajar adalah bahan pembelajaran yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran (Sa’ud, 2008: 214). Kurikulum 2013 menuntut pembuatan bahan ajar sebagai pencerminan pendidik yang mempunyai sifat kreatif, inovatif, dan ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran terbalik (Reciprocal Teching) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Sejarah Pendidikan di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember
Naim, Mohamad (Jurnal IPS Vol.X No.4 Oktober 2008., 2008-10-15)the goals of the study arc: I) Improving the quolity, the efectivity educationin the StudyP rogramo f Historys tudy.2 ) Improvingt he skillsa Iectures in teaching prccess. 3) Improwng the skills ond ability of the ... -
Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbasis Sejarah Lokal Budaya Osing Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Model R2D2 Pada Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019
ULLA, Zahratul (2019-10-08)Pembelajaran sejarah bertujuan yaitu menumbuhkembangkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang ...