Show simple item record

dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.advisorPUSPITANINGRUM, Dyah Ayu
dc.contributor.authorYOLANDA, Anggita
dc.date.accessioned2020-06-17T05:13:33Z
dc.date.available2020-06-17T05:13:33Z
dc.date.issued2020-02-21
dc.identifier.nimNIM160210204011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99236
dc.description.abstractSekolah sebagai lembaga formal pendidikan memiliki tanggung jawab di antaranya sebagai wadah untuk mentransformasikan budaya sebagai pencapaian tujuan pendidikan. Hal ini didukung dengan pendapat (Fitriyah, 2016) yang menyatakaan bahwa pendidikan adalah proses menstransformasi budaya yang dimiliki bangsa untuk disosialisasikan kepada generasi penerus bangsa. Sekolah perlu melakukan sebuah terobosan untuk mengenalkan budaya kepada peserta didik agar dapat melestarikan budaya adiluhung bangsa nantinya, sehingga SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember menciptakan sekolah budaya sebagai wadah dalam transfer budaya memberikan ruang belajar terkait budaya yang di dalamnya terdapat kearifan lokal. Penerapan sekolah budaya seiringan dengan fakta di mana maraknya generasi muda yang mulai acuh dengan budayanya, serta pengetahuan mengenai kebudayaan yang sangat minim. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu; (1) Apa saja bentuk kearifan lokal yang terdapat pada sekolah budaya di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember? (2) Bagaimana cara mengeksistensikan kearifan lokal di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember? Tujuan yang terdapat dalam penelitian ini yakni; (1) Mendeskripsikan bentuk kearifan lokal yang terdapat pada sekolah budaya di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember, (2) Mendeskripsikan bagaimana cara mengeksistensikan kearifan lokal di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember sebagai sekolah budaya. Penelitian ini merupakan jenis penilitian deskriptif kualititatif. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah data yang berupa hasil observasi yang dilengkapi dengan wawancara dan dokumen. Data tentang kegiatan ekstrakulikuler dan wawancara terkait bagaimana bentuk eksistensi kearifan lokal di sekolah budaya SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember. Dokumen pendukung berupa foto-foto kegiatan eksistensi kearifan lokal di sekolah tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kearifan lokal di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember di antaranya dapat ditemui pada pemanfaatan alam, kearifan lokal dalam bentuk nilai disiplin melalui dibentuknya sekolah hijau, ornamen yang menunjukkan kearifan lokal dalam bentuk karya seni di ruang kepala sekolah, penggunaan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari, serta kegiatan ekstrakulikuler yang mengangkat budaya yang bernilai adiluhung di antaranya gamelan, ekstrakulikuler tari, dan ekstrakulikuler hadrah. Mengeksistensikan kearifan lokal di SDN Kemuningsari lor 02 Kecamatan Panti Jember melalui kegiatan ekstrakulikuler yakni hadrah, gamelan dan kesenian tari. Cara mengeksistensikan kearifan lokal di sekolah tersebut di antaranya melalui kegiatan ekstrakulikuler yang nantinya hasil dari kegiatan belajar ekstrakulikuler dijadikan sebagai penampilan di beberapa kesempatan seperti kunjungan dinas pendidikan Kabupaten Jember, FKKKS, objek study banding, kegiatan yatim bershalawat yang diadakan pemerintah Kabupaten Jember sebagai undangan untuk menampilkan gamelan, maupun penampilan saat mengadakan kegiatan grebeg suro, dan kegiatan grebeg maulid. Kesimpulan bentuk kearifan lokal yang diterapkan dalam sekolah budaya di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jember masih berfokus pada kegiatan ekstrakulikuler. Cara mengeksistensikan lebih ditekankan pada kegiatankegiatan yang diadakan di sekolah tersebut seperti peringatan hari besar islam dan penyambutan kegiatan lainnya. Saran-saran yang dapat diberikan yakni bagi sekolah nantinya dapat dapat mengembangkan kearifan lokal pada kegiatan intrakulikuler dan penelitian ini dapat dijadikan referensi peneliatian di kemudian hari.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSekolah Budayaen_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.subjectEksistensi Kearifan Lokalen_US
dc.titleEksistensi Kearifan Lokal sebagai Penerapan Sekolah Budaya di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record