Analisis Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Jumping Task pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika
Date
2020-05-01Author
HOBRI, Hobri
WIDYASARI, Ni Kadek
MURTIKUSUMA, Randi Pratama
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan
masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan
gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan
menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instrumen
yang digunakan adalah tes pemecahan masalah jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban
siswa dalam memecahkan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan
Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.
Berdasarkan hasil analisis pemecahan masalah siswa yang dilakukan menggunakan masalah jumping task terlihat
bahwa secara umum pada tahap memahami masalah seluruh subjek mampu memahami masalah dengan baik, pada
tahap membuat rencana subjek merencanakan cara penyelesaian sudah benar walaupun terdapat beberapa langkah
yang tidak ditulis namun langsung muncul dalam pelaksanaan rencana, pada tahap melaksanakan rencana subjek
melaksanakan rencana dengan tepat dan berurutan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, dan pada tahap
memeriksa kembali cara subjek dalam memeriksa kembali jawaban adalah menggunakan data yang telah diperoleh
pada tahap melaksanakan rencana kemudian menyamakan dengan data yang diketahui.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]