• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN METODE BUZZ GROUP DISERTAI PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS IVA SDN AJUNG 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yuni Setiowati - 090210204070_1.pdf (222.3Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Yuni Setiowati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) merupakan bagian dari mata pelajaran yang harus ada di SD. Berdasarkan wawancara dan observasi awal, serta data yang diperoleh dari guru kelas IVA SDN Ajung 03 pada pembelajaran matematika di SDN Ajung 03, guru kelas IV A menggunakan metode ceramah dan penugasan saja dalam mengajar, serta media yang dipakai hanya media gambar sehingga menimbulkan kejenuhan dalam diri siswa. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan terhadap pelajaran matematika, sehingga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, serta hasil ulangan harian siswa pada materi operasi hitung bilangan diperoleh sekitar 44% siswa tidak tuntas karena memperoleh nilai di bawah 70. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memilih media pembelajaran yang dikombinasikan dengan metode mengajar untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika dengan harapan agar siswa aktif dan tertarik pada pelajaran matematika, serta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode buzz group dengan permainan monopoli pada siswa kelas IVA SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode buzz group dengan permainan monopoli pada siswa kelas IVA SDN Ajung 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah skema model Hopkins meliputi xi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Ajung 03 Jember yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran melalui metode buzz group disertai permainan monopoli dengan baik dan lancar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa siklus 1 yaitu berdiskusi dengan anggota kelompok maupun kelompok lain 70,84%, mendengarkan presentasi dari kelompok lain 84,26%, mengerjakan soal-soal pada petak-petak permainan monopoli 73,61%, dan melakukan permainan monopoli 80,56%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 2 yaitu berdiskusi dengan anggota kelompok maupun dengan kelompok lain 83,34%, mendengarkan presentasi dari kelompok lain 91,21%, mengerjakan soal-soal pada petak monopoli 76,85%, dan melakukan permainan monopoli 93,06%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 secara klasikal sebesar 79,17% dan pada siklus 2 sebesar 87,50. Dengan demikian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode buzz group dengan permainan monopoli materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV A SDN Ajung 03 Jember dari siklus 1 ke siklus 2, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari penelitian ini adalah metode dan media pembelajaran dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan metode dan media pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di sekolah tersebut, guru harus berhati-hati dalam membimbing dan memberikan pengarahan kepada siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan metode buzz group disertai permainan monopoli agar siswa dapat melakukan permainan monopoli dengan baik dan benar, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9900
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository