Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorMonalisa, Lioni Anka
dc.contributor.authorLuchmayanti, Wafda
dc.date.accessioned2020-05-12T02:20:56Z
dc.date.available2020-05-12T02:20:56Z
dc.date.issued2019-11-11
dc.identifier.nim150210101090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98913
dc.description.abstractMatematika merupakan ilmu yang bersifat universal, karena matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mendasari ilmu lainnya. Pembelajaran matematika pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Salah satu kemampuan yang penting bagi siswa yaitu kemampuan berpikir kritis yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam merumuskan dan memecahkan setiap permasalahan. Kemampuan berpikir kritis pada seseorang dapat dilihat dari indikator-indikator keterampilan berpikir kritis yang diungkapkan melalui aspek-aspek perilaku. Pada penelitian ini terdapat empat aspek perilaku berpikir kritis yaitu interpretation (interpretasi), analysis (analisis), evaluation (evaluasi), inference (inferensi). Pada setiap aspek terdapat beberapa indikator. Aspek interpretation terdapat tiga indikator yaitu menjelaskan maksud permasalahan, menuliskan yang diketahui pada soal, menuliskan yang ditanya pada soal. Aspek analysis terdapat dua indikator yaitu merumuskan cara atau strategi dalam menyelesaiakan permasalahan dan menggunakan konsep dalam menyelesaikan permasalahan. Aspek selanjutnya yaitu evaluation, dimana terdapat tiga indikator yaitu menginput informasi yang ada pada soal, melakukan perhitungan dan jawaban akhir dengan tepat, dan menjelaskan tahap demi tahap penyelesaian permasalahan yang telah dikerjakannya. Aspek inference terdapat dua indikator yaitu membuat kesimpulan sesuai dengan konteks masalah dan membuat kesimpulan dari penyelesaian permasalahan dengan tepat. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui berbagai pendekatan pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kontekstual yang diterapkan dalam permasalahan matematika terkait materi pembelajaran matematika pada cabang ilmu geometri yang telah didapatkan siswa. Pada penelitian dilakukan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual geometri pada siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan masalah kontekstual geometri bertemakan Gudang Atag di SMPN 1 Kencong. Subjek penelitian siswa VIII A sebanyak 6 siswa. Enam siswa tersebut terdiri dari dua orang siswa dari setiap kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan yaitu metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan rekomendasi dari salah satu guru matematika di SMPN 1 Kencong, kelas VIII A dipilih karena memiliki siswa dengan kemampuan yang beragam. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi aspek berpikir kritis yakni interpretation, analysis, evaluation, dan inference pada semua indikator. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi aspek berpikir kritis yaitu interpretation, analysis, evaluation pada indikator menginput informasi yang ada pada soal dan menjelaskan tahap demi tahap penyelesaian permasalahan yang telah dikerjakannya, dan inference pada indikator membuat kesimpulan sesuai dengan konteks masalah. Siswa berkemampuan sedang mampu menentukan cara dan menggunakan konsep dalam menyelesaikan permasalahan, namun tidak dapat melakukan perhitungan dengan teliti dalam menyelesaikan permasalahan. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya mampu memenuhi aspek berpikir kritis yaitu interpretation pada indikator menjelaskan maksud permasalahan dan menuliskan yang ditanya pada soal, dan inference pada indikator membuat kesimpulan sesuai dengan konteks masalah.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectBerpikir Kritis Siswaen_US
dc.subjectKontekstual Geometrien_US
dc.titleProfil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Geometri Bertemakan Gudang Atagen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematika
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record