• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Geometri Bertemakan Gudang Atag

    Thumbnail
    View/Open
    Wafda Luchmayanti-150210101090 Sdh.pdf (2.553Mb)
    Date
    2019-11-11
    Author
    Luchmayanti, Wafda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan ilmu yang bersifat universal, karena matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mendasari ilmu lainnya. Pembelajaran matematika pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Salah satu kemampuan yang penting bagi siswa yaitu kemampuan berpikir kritis yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam merumuskan dan memecahkan setiap permasalahan. Kemampuan berpikir kritis pada seseorang dapat dilihat dari indikator-indikator keterampilan berpikir kritis yang diungkapkan melalui aspek-aspek perilaku. Pada penelitian ini terdapat empat aspek perilaku berpikir kritis yaitu interpretation (interpretasi), analysis (analisis), evaluation (evaluasi), inference (inferensi). Pada setiap aspek terdapat beberapa indikator. Aspek interpretation terdapat tiga indikator yaitu menjelaskan maksud permasalahan, menuliskan yang diketahui pada soal, menuliskan yang ditanya pada soal. Aspek analysis terdapat dua indikator yaitu merumuskan cara atau strategi dalam menyelesaiakan permasalahan dan menggunakan konsep dalam menyelesaikan permasalahan. Aspek selanjutnya yaitu evaluation, dimana terdapat tiga indikator yaitu menginput informasi yang ada pada soal, melakukan perhitungan dan jawaban akhir dengan tepat, dan menjelaskan tahap demi tahap penyelesaian permasalahan yang telah dikerjakannya. Aspek inference terdapat dua indikator yaitu membuat kesimpulan sesuai dengan konteks masalah dan membuat kesimpulan dari penyelesaian permasalahan dengan tepat. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui berbagai pendekatan pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kontekstual yang diterapkan dalam permasalahan matematika terkait materi pembelajaran matematika pada cabang ilmu geometri yang telah didapatkan siswa. Pada penelitian dilakukan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual geometri pada siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan masalah kontekstual geometri bertemakan Gudang Atag di SMPN 1 Kencong. Subjek penelitian siswa VIII A sebanyak 6 siswa. Enam siswa tersebut terdiri dari dua orang siswa dari setiap kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan yaitu metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan rekomendasi dari salah satu guru matematika di SMPN 1 Kencong, kelas VIII A dipilih karena memiliki siswa dengan kemampuan yang beragam. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi aspek berpikir kritis yakni interpretation, analysis, evaluation, dan inference pada semua indikator. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi aspek berpikir kritis yaitu interpretation, analysis, evaluation pada indikator menginput informasi yang ada pada soal dan menjelaskan tahap demi tahap penyelesaian permasalahan yang telah dikerjakannya, dan inference pada indikator membuat kesimpulan sesuai dengan konteks masalah. Siswa berkemampuan sedang mampu menentukan cara dan menggunakan konsep dalam menyelesaikan permasalahan, namun tidak dapat melakukan perhitungan dengan teliti dalam menyelesaikan permasalahan. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya mampu memenuhi aspek berpikir kritis yaitu interpretation pada indikator menjelaskan maksud permasalahan dan menuliskan yang ditanya pada soal, dan inference pada indikator membuat kesimpulan sesuai dengan konteks masalah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98913
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository