Kemampuan Representasi Matematis Siswa Hatyaiwittayalaisomboonkulkanya School Berdasarkan Taksonomi Solo Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship
Abstract
Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan mengemukakan
ide, ungkapan, atau gagasan dalam bentuk visual (diagram, grafik, gambar, tabel),
persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis dari soal yang
diberikan. Soal yang digunakan adalah soal-soal yang dikeluarkan oleh PISA
(Programme for International Students Assessment) untuk mengevaluasi siswa
secara internasional yang dilakukan oleh organisasi OECD (Organisation for
Economic Co-operation and Development), dimana dalam penelitian ini
digunakan konten change and relationship yang merupakan salah satu dari empat
konten yang ada khususnya soal aljabar. Metode yang digunakan untuk
mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya adalah taksonomi SOLO.
Terdapat lima tingkatan yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural,
relasional, dan abstrak diperluas.