Show simple item record

dc.contributor.advisorTitisari, Purnamie
dc.contributor.advisorSyaharudin, Mochammad
dc.contributor.authorManora, Retmita Tata Elsa
dc.date.accessioned2020-05-10T15:01:37Z
dc.date.available2020-05-10T15:01:37Z
dc.date.issued2020-01-14
dc.identifier.nim160810201089
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98842
dc.description.abstractEra digital mendorong persaingan disegala bidang industri, salah satunya industri pelayanan jasa dibidang pariwisata yaitu perhotelan. Dalam kondisi seperti ini sumber daya manusia harus dikelola dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas dan mempuyai kemampuan dalam memberi informasi, bersikap dan berkomunikasi kepada para pelanggan. Karyawan merupakan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan jasa perhotelan, sehingga dibutuhkan perilaku individu yaitu kemampuan interpersonal yang tergolong dalam lingkup organizational citizenship behavior untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Karyawan yang memiliki kemampuan interpersonal yang tinggi dapat membuat citra perusahaan semakin baik. Kemampuan interpersonal karyawan yang tergolong dalam organizational citizenship behavior ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi pada karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 23 untuk mengetahui pengaruh secara parsial antar varibel servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Data primer dari wawancara dan hasil kuesioner kepada 45 karyawan menggunakan teknik sesus, sedangkan data sekunder didapat dari jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jemberen_US
dc.subjectServant Leadershipen_US
dc.subjectEmpowermenten_US
dc.subjectKomitmen Organisasien_US
dc.subjectOrganizational Citizenship Behavioren_US
dc.subjectKaryawan Royal Hotel n’Loungeen_US
dc.subjectOCBen_US
dc.titlePengaruh Servant Leadership, Empowerment dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Royal Hotel n’Lounge Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record