dc.contributor.advisor | Titisari, Purnamie | |
dc.contributor.advisor | Syaharudin, Mochammad | |
dc.contributor.author | Manora, Retmita Tata Elsa | |
dc.date.accessioned | 2020-05-10T15:01:37Z | |
dc.date.available | 2020-05-10T15:01:37Z | |
dc.date.issued | 2020-01-14 | |
dc.identifier.nim | 160810201089 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98842 | |
dc.description.abstract | Era digital mendorong persaingan disegala bidang industri, salah satunya
industri pelayanan jasa dibidang pariwisata yaitu perhotelan. Dalam kondisi
seperti ini sumber daya manusia harus dikelola dengan baik guna meningkatkan
efektivitas dan efisiensi perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas dan
mempuyai kemampuan dalam memberi informasi, bersikap dan berkomunikasi
kepada para pelanggan. Karyawan merupakan sumber daya manusia yang dimiliki
oleh perusahaan jasa perhotelan, sehingga dibutuhkan perilaku individu yaitu
kemampuan interpersonal yang tergolong dalam lingkup organizational
citizenship behavior untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Karyawan yang
memiliki kemampuan interpersonal yang tinggi dapat membuat citra perusahaan
semakin baik. Kemampuan interpersonal karyawan yang tergolong dalam
organizational citizenship behavior ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor
yaitu servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi pada karyawan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh servant
leadership, empowerment dan komitmen organisasi terhadap organizational
citizenship behavior pada karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember. Teknik
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda dengan menggunakan SPSS 23 untuk mengetahui pengaruh secara
parsial antar varibel servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi
terhadap organizational citizenship behavior. Data primer dari wawancara dan
hasil kuesioner kepada 45 karyawan menggunakan teknik sesus, sedangkan data
sekunder didapat dari jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa servant
leadership, empowerment dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan Royal
Hotel n’Lounge Jember. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Servant Leadership | en_US |
dc.subject | Empowerment | en_US |
dc.subject | Komitmen Organisasi | en_US |
dc.subject | Organizational Citizenship Behavior | en_US |
dc.subject | Karyawan Royal Hotel n’Lounge | en_US |
dc.subject | OCB | en_US |
dc.title | Pengaruh Servant Leadership, Empowerment dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |