• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Servant Leadership, Empowerment dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember

    Thumbnail
    View/Open
    RETMITA TATA ELSA MANORA - 160810201089.pdf (1.541Mb)
    Date
    2020-01-14
    Author
    Manora, Retmita Tata Elsa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Era digital mendorong persaingan disegala bidang industri, salah satunya industri pelayanan jasa dibidang pariwisata yaitu perhotelan. Dalam kondisi seperti ini sumber daya manusia harus dikelola dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas dan mempuyai kemampuan dalam memberi informasi, bersikap dan berkomunikasi kepada para pelanggan. Karyawan merupakan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan jasa perhotelan, sehingga dibutuhkan perilaku individu yaitu kemampuan interpersonal yang tergolong dalam lingkup organizational citizenship behavior untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Karyawan yang memiliki kemampuan interpersonal yang tinggi dapat membuat citra perusahaan semakin baik. Kemampuan interpersonal karyawan yang tergolong dalam organizational citizenship behavior ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi pada karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 23 untuk mengetahui pengaruh secara parsial antar varibel servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Data primer dari wawancara dan hasil kuesioner kepada 45 karyawan menggunakan teknik sesus, sedangkan data sekunder didapat dari jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan Royal Hotel n’Lounge Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98842
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository