Show simple item record

dc.contributor.advisorDARSIN, Mahros
dc.contributor.advisorSAKURA, Rahma Rei
dc.contributor.authorIMAN, Hayun Indra Nur
dc.date.accessioned2020-05-04T04:11:55Z
dc.date.available2020-05-04T04:11:55Z
dc.date.issued2019-05-29
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98728
dc.description.abstractJumlah kendaraan bermotor selama periode 2013-2017 mengalami peningkatan rata-rata yang cukup tinggi yaitu 7,40 persen per tahun. Paparan sinar matahari dapat mengakibatkan cat cepat rusak dan warna yang cepat pudar, sehingga diperlukan perbaikan. Perbaikan cat kendaraan diperlukan karena cat pada kendaraan memiliki fungsi melindungi body kendaraan dari korosi. Perlindungan terhadap korosi dan upaya untuk menjaga tampilan kendaraan tetap bagus pengecatan menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Kebutuhan akan cat menjadi penting disebabkan kebutuhan yang meningkat setiap tahunnya. Pengecatan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan mengaplikasikan cat dalam bentuk cair pada permukaan suatu produk guna membuat lapisan pada permukaan produk tersebut. Lapisan pada permukaan kendaraan bermotor memiliki fungsi untuk melindungi body kendaraan dari korosi dan untuk memberikan tampilan yang bagus pada kendaraan. Penilaian terhadap kualitas lapisan cat yang bagus dapat dilakukan dengan melihat beberapa indikator, salah satunya adalah ketebalan lapisan cat pada permukaan body kendaraan bermotor. Metode desain eksperimen yang digunakan adalah metode respons permukaan dan pengolahan data dilakukan dengan bantuan software Minitab. Penelitian ini menggunakan tiga parameter dan tiga level pada setiap parameternya, yang dilakukan dengan tiga kali pengulangan. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah ketebalan maksimal dengan variasi parameter di atas. Pengukuran ketebalan lapisan cat dilakukan dengan alat ukur thickness gauge. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data menyebutkan bahwa parameter dengan pengaruh terbesar terhadap ketebalan lapisan cat adalah jarak penyemprotan, sedangkan untuk dua parameter lainnya memiliki pengaruh relatif kecil. Ketebalan rata-rata lapisan maksimal yang didapatkan pada penelitian ini adalah sebesar 39.9µm yang terletak pada percobaan kelima belas dengan variasi variabel jarak 130mm, komposisi 1:1,4, dan tekanan 4,5 bar. Percobaan kelima belas dapat menghasilkan nilai rata-rata yang tinggi dibandingkan percobaan lainnya dikarenakan distribusi ketebalan yang merata ke seluruh permukaan yang di cat. Percobaan lain mampu memunculkan nilai ketebalan yang tinggi namun hanya terjadi pada beberapa titik pengukuran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Strata 1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jemberen_US
dc.subjectKetebalan Lapisanen_US
dc.subjectPengecatan Baja Karbon Rendahen_US
dc.subjectMetode Respons Permukaanen_US
dc.subjectJumlah kendaraan bermotoren_US
dc.titleAnalisis Ketebalan Lapisan Pada Pengecatan Baja Karbon Rendah Menggunakan Metode Respons Permukaanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi191010


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record