Analisis Ketebalan Lapisan Pada Pengecatan Baja Karbon Rendah Menggunakan Metode Respons Permukaan
Abstract
Jumlah kendaraan bermotor selama periode 2013-2017 mengalami peningkatan
rata-rata yang cukup tinggi yaitu 7,40 persen per tahun. Paparan sinar matahari dapat
mengakibatkan cat cepat rusak dan warna yang cepat pudar, sehingga diperlukan
perbaikan. Perbaikan cat kendaraan diperlukan karena cat pada kendaraan memiliki
fungsi melindungi body kendaraan dari korosi. Perlindungan terhadap korosi dan upaya
untuk menjaga tampilan kendaraan tetap bagus pengecatan menjadi sebuah kebutuhan
yang penting. Kebutuhan akan cat menjadi penting disebabkan kebutuhan yang
meningkat setiap tahunnya.
Pengecatan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan mengaplikasikan cat
dalam bentuk cair pada permukaan suatu produk guna membuat lapisan pada
permukaan produk tersebut. Lapisan pada permukaan kendaraan bermotor memiliki
fungsi untuk melindungi body kendaraan dari korosi dan untuk memberikan tampilan
yang bagus pada kendaraan. Penilaian terhadap kualitas lapisan cat yang bagus dapat
dilakukan dengan melihat beberapa indikator, salah satunya adalah ketebalan lapisan
cat pada permukaan body kendaraan bermotor.
Metode desain eksperimen yang digunakan adalah metode respons permukaan
dan pengolahan data dilakukan dengan bantuan software Minitab. Penelitian ini
menggunakan tiga parameter dan tiga level pada setiap parameternya, yang dilakukan
dengan tiga kali pengulangan. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah
ketebalan maksimal dengan variasi parameter di atas. Pengukuran ketebalan lapisan
cat dilakukan dengan alat ukur thickness gauge.
Hasil yang didapatkan dari pengolahan data menyebutkan bahwa parameter
dengan pengaruh terbesar terhadap ketebalan lapisan cat adalah jarak penyemprotan, sedangkan untuk dua parameter lainnya memiliki pengaruh relatif kecil. Ketebalan
rata-rata lapisan maksimal yang didapatkan pada penelitian ini adalah sebesar 39.9µm
yang terletak pada percobaan kelima belas dengan variasi variabel jarak 130mm,
komposisi 1:1,4, dan tekanan 4,5 bar. Percobaan kelima belas dapat menghasilkan nilai
rata-rata yang tinggi dibandingkan percobaan lainnya dikarenakan distribusi ketebalan
yang merata ke seluruh permukaan yang di cat. Percobaan lain mampu memunculkan
nilai ketebalan yang tinggi namun hanya terjadi pada beberapa titik pengukuran.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]