• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Concept Mapping terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cluring Tahun Ajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Lailatul Farida - 150210302082.pdf (2.746Mb)
    Date
    2019-11-29
    Author
    Farida, Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perubahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat yang semakin pesat menuntut perubahan cara dan strategi pendidik dalam membelajarkan peserta didik tentang sesuatu yang harus mereka ketahui untuk masa depan mereka, sehingga perlu adanya pembelajaran yang mampu membelajarkan peserta didik untuk menemukan fakta dan informasi, mengolah dan mengembangkannya agar menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi dirinya. Pembelajaan yang diperlukan adalah pembelajarkan yang tidak hanya mengulang kembali ideide, tetapi pembelajaran yang mampu mengeksplorasi ide-ide peserta didik. Hal ini dimaksudkan agar mereka mampu berkreatifitas dan siap menghadapi masalah-masalah masa depan. Pembelajaran masih banyak yang semata berorientasi pada upaya mengembangkan dan menguji daya ingat peserta didik sehingga kemampuan berpikir peserta didik direduksi dan sekedar dipahami sebagai kemampuan untuk mengingat (Ratno Harsanto, 2005). Pendidikan formal yang berlangsung kini cenderung terjebak hanya berkutat mengasah aspek mengingat (remembering), dan memahami (undertanding), yang merupakan low order thingking skills. Tantangan masa depan menuntut pembelajaran harusnya lebih mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Higher order thinking atau yang disingkat HOT merupakan salah satu komponen dalam isu kecerdasan abad ke-21 (Sudiarta, 2006). Pencapaian hasil belajar yang optimal diperlukan suatu metode pembelajaran yang harus dapat melatih cara-cara memperoleh infomasi baru, menyeleksinya dan kemudian mengolahnya, sehingga terdapat jawaban terhadap suatu permasalahan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dikontruksi oleh peserta didik adalah peta 8 konsep (concept mapping). Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa concept mapping memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan higher order thinking skills pada peserta didik Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh penggunaan metode concept mapping terhadap higher order thinking skills (HOTS) pada pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMAN 1 Cluring?, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Concept Mapping terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS; Manfaat penelitian ini adalah: (1) bagi peneliti; (2) bagi peserta didik; (3) bagi pendidik;(4) bagi peneliti lain; (5) bagi Universitas Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Cluring dengan jumlah 62 peseta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Desain dengan model Non-equivalent Control Group Desain. Metode pengumpulan data menggunakan model observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai F(A)=71,255 dengan (P=0.000) dan pengaruhnya sebesar 54.3% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kesimpulan hasil penelitian: penerapan metode Concept Mapping berpengaruh terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Cluring pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan peserta didik lebih aktif didalam proses pembelajaran untuk terus mengasah kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) lebih tinggi lagi, pendidik mampu mengembangkan metode pembelajaran Concept Mapping lebih bervariasi sebagai alternatif metode pembelajaan yang aktif, kreatif dan inovatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98703
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository