Evaluasi Penerimaan Pengguna terhadap University Customer Care Center (UC3) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)
Abstract
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerimaan
pengguna dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan,
sikap ke arah penggunaan, niat untuk menggunakan, persepsi keamanan, dan
penggunaan sesungguhnya. Semua faktor-faktor tersebut berpengaruh secara
positif dan signifikan, artinya semakin tinggi nilai dari setiap faktor tersebut maka
semakin baik penerimaan UC3 oleh mahasiswa Universitas Jember. Penilaian
responden terhadap penerimaan UC3 memiliki nilai rata-rata 3,08. Penerimaan
untuk persepsi kegunaan merupakan penerimaan yang paling tinggi yaitu 83,04%,
sedangkan penerimaan untuk variabel persepsi keamanan merupakan penerimaan
yang paling rendah yaitu 70,45%. Penerimaan untuk variabel persepsi kemudahan
penggunaan, sikap ke arah penggunaan, niat perilaku untuk menggunakan, dan
penggunaan sesungguhnya yaitu 78,03%, 73,99%, 79,69%, dan 77,62%. Ada dua
faktor yang mendapatkan tanggapan kurang baik dan memerlukan perbaikan, yaitu
sikap ke arah penggunaan dan keamanan UC3. Sikap mencakup tampilan, interaksi
dengan pengguna, serta perasaan senang dan nyaman ketika menggunakan UC3
untuk melakukan pengaduan. Rekomendasi yang bisa diajukan yaitu interaksi
dalam UC3 dapat lebih diperjelas, meningkatkan keamanan untuk pengaduan
sensitif, menjamin pengaduan mahasiswa, info tentang data pribadi pengguna
diperjelas, menambahkan autentikasi dua faktor, tampilan dibedakan untuk setiap
menu dan tombol diperjelas, menambahkan notifikasi sebelum membuat aduan.