Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Smp Berdasarkan Teori Hass Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Geometri Ix-A Smp Negeri 4 Jember
Abstract
Salah satu pembelajaran penting dalam matematika yaitu pembelajaran
geometri. Dibalik pembelajaran geometri, diperlukan kecerdasan visual-spasial
untuk mempelajari hal-hal tersebut terutama dalam pengaplikasian pada
permasalahan sehari-hari. Teori Hass menggolongkan kecerdasan tersebut menjadi
karakteristik pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah dan
penemuan pola. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 4 Jember. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi kecerdasan visual-spasial
siswa SMP yang mempunyai kemampuan geometri tinggi, sedang dan rendah
kelas IX-A SMP Negeri 4 Jember berdasarkan Teori Hass. Tujuan dalam
penelitian ini adalah mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial siswa SMP yang
mempunyai kemampuan geometri tinggi, sedang dan rendah kelas IX-A SMP
Negeri 4 Jember berdasarkan Teori Hass.