• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK DEMOKRASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KADEMANGAN 1 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Suhairiah Rachmawati - 090210204048_1.pdf (183.1Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Suhairiah Rachmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang diharapkan dapat membentuk warganegara Indonesia yang baik, sehingga PKn pun dijadikan sebagai mata pelajaran wajib di semua tingkat pendidikan. Pada kenyataannya, masih banyak yang beranggapan bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang sulit karena hanya berisi konsep-konsep untuk dihafalkan, sehingga membuat para siswa lebih tertarik untuk menekuni mata pelajaran lainnya daripada PKn. Hal ini pula yang terjadi di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran PKn di sekolah tersebut diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas lebih banyak terpusat pada guru, sehingga menyebabkan aktivitas belajar siswa menjadi rendah dan menimbulkan kejenuhan bagi siswa. Aktivitas belajar siswa yang rendah menyebabkan hasil belajar siswa pun belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso dalam pembelajaran PKn materi pokok Demokrasi melalui penerapan model pembelajaran scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa vii kelas VI SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso dalam pembelajaran PKn materi pokok Demokrasi melalui penerapan model pembelajaran scramble. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso dengan jumlah siswa sebanyak 51 siswa (17 siswa laki-laki dan 34 siswa perempuan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Data yang dianalisis yaitu: (1) aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi, baik pada siklus I maupun siklus II; dan (2) hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes akhir pada masing-masing siklus. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa berdasarkan observasi pada siklus I mencapai 72,79% (aktif). Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84,55% (sangat aktif). Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,67%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 82,35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso dalam pembelajaran PKn materi pokok Demokrasi mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran scramble. Berdasarkan penelitian ini, guru disarankan agar menerapkan model pembelajaran scramble dengan tetap memperhatikan kesesuaiannya dengan materi yang diajarkan supaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa disarankan agar lebih aktif dan belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9841
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository