Penerapan Metode Heuristic Evaluation terhadap Analisa Usability pada Pengembangan Sistem Transaksi Menggunakan Sampah sebagai Media Pembayaran di CV. Media Nusantara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kegunaan barang yang tidak terpakai dalam hal ini sampah dengan memanfaatkan teknologi saat ini yaitu aplikasi berbasis web. Media Nusantara merupakan perusahaan yang menyediakan jasa print, fotocopy, dan penjualan ATK yang pembayarannya bisa menggunakan samah. Penelitian ini menjelaskan pengimplementasian metode Heuristic Evaluation dalam pengembangan sebuah sistem yang akan menunjang kegiatan bisnis di Media Nusantara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan merancang, mendesain, dan membangun sebuah aplikasi web untuk menunjang transaksi yang ada di Media Nusantara. Pengimplementasian metode Heuristic Evaluation dalam evaluasi sebuah sistem yang dikembangan dengan SDLC Prototyping sangat cocok dikarenakan evaluasi bisa langsung dilakukan setelah prototype dibuat tanpa menunggu sistem tersebut jadi. Perbaikan juga bisa langsung dilakukan sehingga tidak memakan waktu lama dalam pengembangan dan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem yang dikembangkan telah mencapai usabiliity yang maksimal karena evaluasi dilakukan sampai nilai severity ratings bernilai 0 (nol). Rekomendasi dari penelitian ini adalah tahapan maintenance harus dilakukan karena dimungkinkan terdapat kesalahan setelah sistem jadi. Saran selanjutnya yaitu metode Heuristic Evaluation digunakan terhadap sistem yang sudah jadi, dan bukan untuk pengembangan sistem karena akhirnya penggunaan metode ini menjadi tidak efektif.