PENGGUNAAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAMBI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi 04 Jember pada bulan
Mei sampai bulan Juni tahun ajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa sebanyak 32
siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian versi
Kemmis & Mc Taggart, dimana penelitian tindakan yang dilaksanakan berupa proses
pengkajian dasar yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus
yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing terdiri dari empat langkah utama yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Analisis data yang dikumpulkan berupa penilaian minat belajar siswa,
aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa secara individu. Pada siklus I minat
belajar siswa secara klasikal mencapai 68,75% yang dikategorikan berminat. Minat
belajar pada siklus II secara klasikal mencapai 96,875% yang dikategorikan berminat.
Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 65,625% atau
yang tuntas atau mencapai nilai ≥ 67. Sedangkan hasil belajar pada siklus II secara
klasikal mencapai 90,625% yang mencapai nilai ≥ 67. Berdasarkan analisis data pada
siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Sukorambi 04 telah
mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal karena telah melebihi standar
ketuntasan minimal yaitu 67% yang mendapatkan nilai ≥ 67.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan minat
dan hasil belajar pada pembelajaran IPA pokok bahasan daur air dengan
menggunakan metode Word Square dan Talking Stick. Penerapan metode Word
Square dan Talking Stick dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan
siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.