• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAMBI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (137.0Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Yuli Dwi Astutik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi 04 Jember pada bulan Mei sampai bulan Juni tahun ajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian versi Kemmis & Mc Taggart, dimana penelitian tindakan yang dilaksanakan berupa proses pengkajian dasar yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang dikumpulkan berupa penilaian minat belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa secara individu. Pada siklus I minat belajar siswa secara klasikal mencapai 68,75% yang dikategorikan berminat. Minat belajar pada siklus II secara klasikal mencapai 96,875% yang dikategorikan berminat. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 65,625% atau yang tuntas atau mencapai nilai ≥ 67. Sedangkan hasil belajar pada siklus II secara klasikal mencapai 90,625% yang mencapai nilai ≥ 67. Berdasarkan analisis data pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Sukorambi 04 telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal karena telah melebihi standar ketuntasan minimal yaitu 67% yang mendapatkan nilai ≥ 67. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan minat dan hasil belajar pada pembelajaran IPA pokok bahasan daur air dengan menggunakan metode Word Square dan Talking Stick. Penerapan metode Word Square dan Talking Stick dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9825
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository