Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorIslami, Afan Muhamad Kharisma
dc.date.accessioned2020-04-19T07:03:37Z
dc.date.available2020-04-19T07:03:37Z
dc.date.issued2019-10-23
dc.identifier.nim150210204069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98244
dc.description.abstractIPA merupakan hal yang penting dikuasai siswa karena ilmunya dapat diterapkan secara langsung dalam masyarakat. Pembelajaran IPA dikatakan berhasil apabila semua tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Salah satu tujuan pembelajaran IPA di SD menurut Depdiknas (2007: 13-14) adalah mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA seperti yang dikemukakan di atas, maka diperlukan suatu pendekatan yang dapat menekankan pada ketrampilan proses. Salah satu pendekatan yang dapat menekankan pada ketrampilan proses adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Oleh karena itu, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu rumusan masalah mayor “adakah pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klurahan 01 Nganjuk” rumussan masalah minor (1) “adakah pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar ranah kognitif pada siswa kelas IV SDN Klurahan 01 Nganjuk”; (2) “adakah pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar ranah afektif pada siswa kelas IV SDN Klurahan 01 Nganjuk”; (3) “adakah pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar ranah psikomotor pada siswa kelas IV SDN Klurahan 01 Nganjuk”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klurahan 01 Nganjuk. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh sisw kelas IVA dan IVB SDN Klurahan 01 Nganjuk. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap subjek untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan SPSS versi 20 adalah 0,734. Dinyatakan homogen karena nilai signifikansi yang dihasilkan lebih besar dari 0,05. Dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan diperoleh hasil bahwa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan data yang dianalisis yaitu beda nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 0,95 dengan db = 62, sehingga diperoleh nilai ttabel yaitu 2,000. Hasil penghitungan uji-t pada rata-rata ketiga anah hasil belajar yaitu thitung > ttabel (7,995 > 2,000), pada ranah kognitif yaitu thitung > ttabel(4,220 > 2,000), pada ranah afektif yaitu (5,462 > 2,000) dan padaranah psikomotor yaitu thitung > ttabel (4,388 > 2,000), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Dilakukan perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui efektifitas dari penerapan pendekatan kontekstual. Hasil perhitungan ER untuk hasil belajar yang mencakup tiga ranah adalah sebesar 59,4 % dengan kategori sedang, pada ranah kognitif memiliki ER sebesar 44,3% dengan kategori sedang, pada ranah afektif memiliki ER sebesar 65% dengan kategori tinggi, dan pada ranah psikomotor memiliki ER sebesar 58,7% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klurahan 01 Nganjuk. Saran dalam penelitian ini, yaitu bagi pihak sekolah penggunaan pendekatan CTL dapat menjadi masukan guna memperbaiki kualitas dan mutu pembelajaran, bagi guru diharapkan menjadi pendekatan pembelajaran yang inovatif dan bagi peneliti lain dapat menambah wawasan dan memberikan hasil yang lebih baik.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectPendekatan Contextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas IV SDNen_US
dc.subjectIPAen_US
dc.subjectCTLen_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Klurahan 01 Nganjuken_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record