Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Kesiapsiagaan Bencana (medical first respondent) Gunung Meletus pada Karang Taruna di Desa Rowosari Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember
Date
2016-01-01Author
WAFI, Fuad Hasim
RONDHIANTO, Rondhianto
KUSHARIYADI, Kushariyadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Kesiapsiagaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui
pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna. Membangun
kesiagaan adalah unsur penting, namun tidak mudah dilakukan karena menyangkut sikap
mental dan budaya serta disiplin di tengah masyarakat. Kesiagaan adalah tahapan paling
strategis karena sangat menentukan ketahanan anggota masyarakat dalam menghadapi
datangnya bencana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap
kesiapsiagaan bencana pada karang taruna di Desa Rowosari. Desain penelitian ini adalah pre
experimental dengan rancangan one group pretest posttest. Sampel penelitian sebanyak 20
karang taruna dan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan
uji t dependen, dengan nilai rata-rata kesiapsiagaan bencana 1 jam setelah intervensi dengan
nilai pretest 45,25 dan nilai posttest 1 89,3, nilai 1 minggu setelah intervensi dengan nilai
pretest 45,25 dan nilai posttest 2 87,65, terjadi penurunan nilai rata-rata kesiapsiagaan
bencana pada posttest 1 – posttest dengan nilai posttest 1 89,3dan nilai posttest 2 87,65. Hasil
ini menunjukkan bahwa nilai p 0,00 < 0,05 (α). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah
adanya pengaruh yang sangat bermakna pada kesiapsiagaan bencana gunung meletus setelah
diberikan intervensi metode CTL dengan pendekatan SAVI pada karang taruna di Desa
Rowosari. Rekomendasi penelitian ini adalah metode CTL dengan pendekatan SAVI
direkomendasikan pada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap peringatan
dini bencana, Transportasi evakuasi dan Balut bidai kesiapsiagaan bencana.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]