IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DAN VOLUME KREDIT PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) NUSAMBA GENTENG, BANYUWANGI
Abstract
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah salah satu lembaga keuangan yang
menawarkan pinjaman kredit bagi para UMKM. PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Nusamba Genteng merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan sejenis yang
terdapat di wilayah Kecamatan Genteng. BPR Nusamba Genteng bergerak dalam
bidang jasa perbankan melayani penghimpunan dana berupa Tabungan dan Deposito
serta melayani penyaluran dana berupa kredit. PT. BPR Nusamba Genteng adalah
salah satu yang senantiasa ikut berperan dalam memberikan kredit kepada masyarakat
sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat tersebut agar
mampu mengatasi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial.
Dalam persaingannya setiap lembaga keuangan harus mengimplementasikan
bauran pemasaran secara baik untuk merebut pangsa pasar. Persaingan merebut
pasar antara BPR dan Bank Umum semakin ketat ditambah lagi lembaga-lembaga
pembiayaan lain dan koperasi. Strategi yang dilakukan PT. BPR Nusamba Genteng
dalam merebut pangsa pasar adalah suku bunga yang fleksibel dan kompetitif,
Pelayanan yang prima, cepat, tepat dan manfaat. Promosi yang berkesinambungan
dan menyentuh langsung kepada masyarakat, Perluasan daerah jangkauan dengan
membuka kantor kas dan kantor cabang. Membiayai sektor-sektor usaha yang
produktif perdagangan, industri dan pertanian dan Pelayanan 3T (Tepat waktu,
Tepat tempat dan Tepat jumlah). Selain itu dalam mengimplementasikan bauran
pemasaran, PT. BPR Nusamba juga menggunakan unsur-unsur yang terdapat pada bauran pemasaran jasa yaitu, produk, harga, lokasi, promosi, karyawan, bukti-bukti
fisik, proses dan customer service.
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanaImplementasi Bauran Pemasaran
Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah dan Volume Kredit pada PT. Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba Genteng.Penelitian yang dilakukan penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian
ini menggunakan metode wawancara secarain depth interviewdalam penggambilan
data. Analsis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan
taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk
memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian.
Dalam implementasi bauran pemasaran dalam penelitian ini PT. BPR
Nusamba Genteng mengimplementasikan bauran pemasaran jasa yaitu menggunakan
7P 1C yang terdiri dari product, pricing, promotion, place, people, physical evidence,
process, customer service. Penerapan bauran pemasaran jasa pada produk kredit PT.
BPR Nusamba Genteng berhasil dengan dibuktikannya peningkatan jumlah nasabah
dan jumlah dana yang dikeluarkan setiap tahunnya.