• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DAN VOLUME KREDIT PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) NUSAMBA GENTENG, BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Farida - 080910202022_1.pdf (157.8Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Irma Farida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah salah satu lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman kredit bagi para UMKM. PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba Genteng merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan sejenis yang terdapat di wilayah Kecamatan Genteng. BPR Nusamba Genteng bergerak dalam bidang jasa perbankan melayani penghimpunan dana berupa Tabungan dan Deposito serta melayani penyaluran dana berupa kredit. PT. BPR Nusamba Genteng adalah salah satu yang senantiasa ikut berperan dalam memberikan kredit kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat tersebut agar mampu mengatasi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial. Dalam persaingannya setiap lembaga keuangan harus mengimplementasikan bauran pemasaran secara baik untuk merebut pangsa pasar. Persaingan merebut pasar antara BPR dan Bank Umum semakin ketat ditambah lagi lembaga-lembaga pembiayaan lain dan koperasi. Strategi yang dilakukan PT. BPR Nusamba Genteng dalam merebut pangsa pasar adalah suku bunga yang fleksibel dan kompetitif, Pelayanan yang prima, cepat, tepat dan manfaat. Promosi yang berkesinambungan dan menyentuh langsung kepada masyarakat, Perluasan daerah jangkauan dengan membuka kantor kas dan kantor cabang. Membiayai sektor-sektor usaha yang produktif perdagangan, industri dan pertanian dan Pelayanan 3T (Tepat waktu, Tepat tempat dan Tepat jumlah). Selain itu dalam mengimplementasikan bauran pemasaran, PT. BPR Nusamba juga menggunakan unsur-unsur yang terdapat pada bauran pemasaran jasa yaitu, produk, harga, lokasi, promosi, karyawan, bukti-bukti fisik, proses dan customer service. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanaImplementasi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah dan Volume Kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba Genteng.Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara secarain depth interviewdalam penggambilan data. Analsis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Dalam implementasi bauran pemasaran dalam penelitian ini PT. BPR Nusamba Genteng mengimplementasikan bauran pemasaran jasa yaitu menggunakan 7P 1C yang terdiri dari product, pricing, promotion, place, people, physical evidence, process, customer service. Penerapan bauran pemasaran jasa pada produk kredit PT. BPR Nusamba Genteng berhasil dengan dibuktikannya peningkatan jumlah nasabah dan jumlah dana yang dikeluarkan setiap tahunnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9821
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository