PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan aktivitas belajar
siswa kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 mengalami peningkatan setelah
mengikuti pembelajaran IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses secara
klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Rata-rata pada siklus I,
aktifitas mencapai 76,99% dan pada siklus II aktifitas siswa mencapai 84,42%.
Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat pada siklus I
adalah 68,18% dengan 7 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 81,81% dengan
4 siswa belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dikatakan
tuntas dan meningkat pada setiap pertemuan.
Selain kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini, penulis
memberikan saran bagi siswa, hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan
pendekatan keterampilan proses siswa dapat menemukan hal yang baru baik di kelas
maupun di luar kelas. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran
menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA siswa kelas
VI SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang, sebagai upaya dalam peningkatan
aktifitas dan hasil belajar IPA siswa, juga dapat diterapkan dalam bidang studi yang
lain dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Sukosari 02
Kunir Lumajang. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini
untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada
akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.