• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (714.4Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Wiwik Handayani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan aktivitas belajar siswa kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Rata-rata pada siklus I, aktifitas mencapai 76,99% dan pada siklus II aktifitas siswa mencapai 84,42%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 68,18% dengan 7 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 81,81% dengan 4 siswa belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dikatakan tuntas dan meningkat pada setiap pertemuan. Selain kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran bagi siswa, hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan pendekatan keterampilan proses siswa dapat menemukan hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang, sebagai upaya dalam peningkatan aktifitas dan hasil belajar IPA siswa, juga dapat diterapkan dalam bidang studi yang lain dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9819
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository