| dc.description.abstract | Menghadapi kompetisi global yang semakin ketat perusahaan dituntut mampu
menciptakan strategi baru yang sesuai dengan kondisi saat ini.Tidak sedikit perusahaan yang 
gulung tikar karena tidak mampu lagi mempertahankan kelangsungan hidup usahanya
terutama usaha kecil dan menengah. Usaha pengolahan ikan tergolong jenis usaha yang
menggunakan teknologi pengolahan yang sederhana dan memanfaatkan bahan baku ikan laut 
untuk diolah lebih lanjut menjadi ikan kering (ikan asin), ikan pindang, pembekuan ikan dan 
terasi.  
Perusahaan memasarkan produk ke masyarakat harus melihat kondisi pasarnya
terlebih dahulu. Strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan adalah melalui bauran 
pemasaran.  Bauran pemasaran ini harus diatur sedemikian rupa sehingga akan dapat
berfungsi dengan baik. Adanya penetapan strategi pemasaran yang tetap diharapkan mampu 
untuk meningkatkan penjualan, sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai.Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh 
perusahaan UD. Madura Mandar Puger. Metodologi penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih adalah karyawan UD. Madura Mandar
Puger yang memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan tentang strategi pemasaran 
produk olahan ikan laut dan pegawai dari kantor dinas perindustrian dan perdagangan jember
yang berwewenang dibidangnya. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran 
produk ikan laut olahan pada UD. Madura Mandar Puger telah berjalan dengan baik sesuai
dengan ketetapan yang berlaku yaitu menerapkan bauran pemasaran 4P yaitu, product, price, 
place, promotion dan ditambah dengan akses pasar. | en_US |