• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Siswa Tunanetra Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat

    Thumbnail
    View/Open
    Diyanti Deska Wardhani-120210101056 Sdh.pdf (4.064Mb)
    Date
    2019-06-25
    Author
    Wardhani, Diyanti Deska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut Steiner dan Fresenborg (dalam Veriyanti, 2012: 2), tugas pokok pengajaran matematika di sekolah ialah menjelaskan proses berpikir siswa dalam mempelajari matematika dengan tujuan memperbaiki pengajaran matematika di sekolah. Mengetahui proses berpikir siswa tunanetra merupakan hal penting dalam belajar matematika terutama dalam pemecahan masalah karena melalui hal tersebut guru dapat merencanakan dan merancang model pembelajaran yang cocok serta dapat memudahkan siswa tunanetra dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru sehingga hasil belajar yang diperoleh akan baik. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tunanetra dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah atas dasar data yang diperoleh di lapangan pada saat siswa dalam menyelesaikan persoalan disesuaikan dengan pengetahuan dalam ingatannya saat memahami soal, merencanakan, dan melaksanakan rencana yang terbagi menjadi 3, yaitu konseptual, semikonseptual, dan komputasional. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah operasi hitung bilangan bulat, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Data yang dianalisis adalah data hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Pelaksanaan pengumpulan data dilakukan pada tanggal, 9-10 Juni 2017 di SMPLB-A TPA Jember. Berdasarkan langkah- langkah pemecahan masalah yang dilakukan oleh kedua subjek penelitian, terdapat klasifikasi proses berpikir yang berbeda. Sesuai dengan indikator proses berpikir menurut Zuhri pada penelitian ini, siswa dengan proses berpikir semikonseptual pada tahapan memahami masalah dapat diketahui bahwa siswa kurang mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang diketahui dan ditanya dalam soa, hal ini terlihat saat siswa harus membaca berulang-ulang untuk menyampaikan yang ia ketahui dalam soal. Pada tahapan menyusun rencana penyelesaian dapat diketahui siswa kurang mampu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98170
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository