Show simple item record

dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorMUHSIN, Muhammad
dc.date.accessioned2020-04-16T01:33:29Z
dc.date.available2020-04-16T01:33:29Z
dc.date.issued2019-11-26
dc.identifier.nimNIM130210204138
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98129
dc.description.abstractKurikulum pendidikan selalu berkembang untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Melalui perubahan kurikulum, diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Salah satu tindakan pemerintah yaitu melakukan penerapan kurikulum 2013 revisi 2017. Kerjasama yang baik harus dilakukan oleh semua komponen dimulai dari pemerintah sampai ke guru. Permasalahan yang terlihat ketika observasi, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran, langkah – langkah pembelajaran tidak disampaikan dan tidak memvariasi metode – metode pembelajaran, sehingga keaktivan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan penerapan metode problem solving dengan media koran. Metode ini merupakan metode yang dapat menumbuhkan siswa berperan aktif, berpikir kritis, dan dapat menumbuhkan siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode problem solving dengan media koran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Tema “Benda –Benda di Sekitar Kita” di SD Al Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan yang dicapai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas. Pada metode pengambilan data dalam penelitian yaitu observasi dan dokumentasi kelas V di SD Al Baitul Amien Jember. Hasil prasiklus aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 62,07% kriteria aktif, nemun skor tersebut termasuk skor yang rendah pada kriteria aktif (Lampiran F). Hasil belajar siswa prasiklus ranah afektif secara klasikal sebesar 62,93%, ranah kognitif 65,87% dan ranah psikomotor sebesar 62,76% (Lampiran G). Penelitian dilaksanakan di SD Al Baitul Amien Jember. Waktu pelaksanaan pada semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian yaitu siswa Kelas V SD Al Baitul Amien Jember yang berjumlah 29 siswa. Pelaksanaan pada Tema “Benda –Benda di Sekitar Kita” Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran ke 3. Intrumen pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian penerapan metode problem solving dengan media koran menunjukkan aktivitas belajar siswa prasiklus secara klasikal mendapat persentase sebesar 62,07, siklus 1 sebesar 77,3 dan siklus 2 sebesar 84,48, maka terjadi peningkatan prasiklus ke siklus 1 sebesar 15,23 dan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 7,18. Hasil belajar siswa prasiklus ranah kognitif secara klasikal sebesar 65,87, siklus 1 sebesar 79,05 dan siklus 2 sebesar 86,12, maka hasil belajar prasiklus ranah kognitif ke siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 13,18 dan siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 7,07. Hasil belajar ranah afektif prasiklus secara klasikal sebesar 62,93, siklus 1 sebesar 70,98, dan siklus 2 sebesar 81,31, maka hasil belajar prasiklus ranah afektif ke siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 8,05 dan siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 10,33. Sedangkan hasil belajar prasiklus ranah psikomotor secara klasikal sebesar 62,76, siklus 1 sebesar 74 dan siklus 2 sebesar 81,39, maka hasil belajar prasiklus ranah psikomotor ke siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 11,24 dan siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 7,39. maka penelitian ini menggunakan penerapan metode problem solving dengan media koran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Tema “Benda – Benda di Sekitar Kita” di SD Al Baitul Amien Jember. Saran yang dapat diberikan bagi guru yaitu semoga dapat dijadikan referensi dalam mengajar menggunakan metode problem solving sebagai variasi dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi penelitian lain dapat dijadikan referensi dalam pengembangan penelitian yang serupa dan penggunaan tema yang berbeda.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectMetode Problem Solvingen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.titlePenerapan Metode Problem Solving dengan Media Koran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema „Benda – Benda di Sekitar Kita‟ di SD Al Baitul Amien Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record