• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Problem Solving dengan Media Koran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema „Benda – Benda di Sekitar Kita‟ di SD Al Baitul Amien Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Muhsin - 130210204138.pdf (8.568Mb)
    Date
    2019-11-26
    Author
    MUHSIN, Muhammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum pendidikan selalu berkembang untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Melalui perubahan kurikulum, diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Salah satu tindakan pemerintah yaitu melakukan penerapan kurikulum 2013 revisi 2017. Kerjasama yang baik harus dilakukan oleh semua komponen dimulai dari pemerintah sampai ke guru. Permasalahan yang terlihat ketika observasi, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran, langkah – langkah pembelajaran tidak disampaikan dan tidak memvariasi metode – metode pembelajaran, sehingga keaktivan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan penerapan metode problem solving dengan media koran. Metode ini merupakan metode yang dapat menumbuhkan siswa berperan aktif, berpikir kritis, dan dapat menumbuhkan siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode problem solving dengan media koran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Tema “Benda –Benda di Sekitar Kita” di SD Al Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan yang dicapai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas. Pada metode pengambilan data dalam penelitian yaitu observasi dan dokumentasi kelas V di SD Al Baitul Amien Jember. Hasil prasiklus aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 62,07% kriteria aktif, nemun skor tersebut termasuk skor yang rendah pada kriteria aktif (Lampiran F). Hasil belajar siswa prasiklus ranah afektif secara klasikal sebesar 62,93%, ranah kognitif 65,87% dan ranah psikomotor sebesar 62,76% (Lampiran G). Penelitian dilaksanakan di SD Al Baitul Amien Jember. Waktu pelaksanaan pada semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian yaitu siswa Kelas V SD Al Baitul Amien Jember yang berjumlah 29 siswa. Pelaksanaan pada Tema “Benda –Benda di Sekitar Kita” Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran ke 3. Intrumen pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian penerapan metode problem solving dengan media koran menunjukkan aktivitas belajar siswa prasiklus secara klasikal mendapat persentase sebesar 62,07, siklus 1 sebesar 77,3 dan siklus 2 sebesar 84,48, maka terjadi peningkatan prasiklus ke siklus 1 sebesar 15,23 dan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 7,18. Hasil belajar siswa prasiklus ranah kognitif secara klasikal sebesar 65,87, siklus 1 sebesar 79,05 dan siklus 2 sebesar 86,12, maka hasil belajar prasiklus ranah kognitif ke siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 13,18 dan siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 7,07. Hasil belajar ranah afektif prasiklus secara klasikal sebesar 62,93, siklus 1 sebesar 70,98, dan siklus 2 sebesar 81,31, maka hasil belajar prasiklus ranah afektif ke siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 8,05 dan siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 10,33. Sedangkan hasil belajar prasiklus ranah psikomotor secara klasikal sebesar 62,76, siklus 1 sebesar 74 dan siklus 2 sebesar 81,39, maka hasil belajar prasiklus ranah psikomotor ke siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 11,24 dan siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 7,39. maka penelitian ini menggunakan penerapan metode problem solving dengan media koran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Tema “Benda – Benda di Sekitar Kita” di SD Al Baitul Amien Jember. Saran yang dapat diberikan bagi guru yaitu semoga dapat dijadikan referensi dalam mengajar menggunakan metode problem solving sebagai variasi dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi penelitian lain dapat dijadikan referensi dalam pengembangan penelitian yang serupa dan penggunaan tema yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98129
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository