Identifikasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Fisika Materi Suhu dan Kalor dengan Menggunakan Taksonomi Bloom
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan
bahwa Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan indikator HOTS
dengan menggunakan taksonomi bloom yaitu C4 (analisis) sebesar 21,92 dengan
kategori rendah, C5 (evaluasi) sebesar 44,02 dengan kategori cukup, C6 (mencipta)
sebesar 47,31 dengan kategori cukup. Selanjutnya berdasarkan sub pokok bahasan
diperoleh azas black sebesar 27,39 dengan kategori rendah, suhu sebesar 55,99
dengan kategori cukukp, dan kalor sebesar 32,46 dengan kategori rendah.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh kesimpulan bahwa
kemampuan berpikir tingkat tinggi pada konsep fisika materi suhu dan kalor dengan
menggunakan taksonomi Bloom pada siswa kelas XI MIPA di MA Nuris adalah 38,18 nilai tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI MIPA di MA
Nuris berkategori rendah.