PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI DEALER MPM KECAMATAN SUMBER SARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
MPM motor atau PT Mitra Pinasthika Mustika adalah distributor tunggal dan
terpercaya, penyedia pelayanan purna jual dan suku cadang sepeda motor HONDA,
untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Untuk dapat unggul bersaing
dalam memasarkan produknya maka MPM motor harus dapat merumuskan cara
pemasaran melalui penetapan bauran pemasaran yang tepat. Melalui langkah tersebut
MPM motor dapat tetap bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat dalam
bidang otomotif. Sehingga MPM motor dapat menjadi perusahaan yang unggul dan
berhasil dalam memberikan kepuasan terhadap konsumen dengan cara-cara yang
tepat dalam memasarkan produknya termasuk Honda Beat di dalamnya.
Honda Beat menunjukkan penjualan yang paling tinggi dikelasnya pada tahun
2011. Sehingga hal yang menarik adalah bagian pemasaran Honda Beat yang
mendapat respon positif dari masyarakat untuk membeli sepeda motor matic. Untuk
menganalisis diperlukan pendekatan bauran pemasaran yang didalamnya terdapat
elemen-elemen seperti yang dikemukakan oleh Kotler yaitu 4P price, product,
promotion dan place. Dengan penerapan konsep bauran pemasaran dapat membantu
pembelian Honda di MPM. Di MPM lebih fokus menggunakan konsep promosi
untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh
secara parsial dan simultan unsur bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga,
promosi dan saluran distribusi terhadap sikap konsumen dalam memutuskan
pembelian Honda Beat di Dealer MPM Kecamatan Sumbersari Jember, dan
menentukan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.
Berdasarkan tujuan dari peneliti, maka penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Metode analsis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial bauran
pemasaran yang terdiri dari Barang (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion)
dan distribusi (Place) terhadap sikap konsumen dalam mengambil keputusan
membeli sepeda motor Honda Beat di Dealer MPM Kecamatan Sumbersari Jember.
Produk adalah variabel bauran pemasaran yang paling dominan terhadap keputusan
pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai beta varaibel produk yang lebih besar
daripada variabel lainnya. Hasil ini menolak hipotesis ke tiga yang menyatakan
bahwa diduga unsur promosi adalah unsur pemasaran yang paling dominan
berpengaruh terhadap sikap konsumen untuk memutuskan pembelian Honda Beat di
Dealer MPM Kecamatan Sumbersari Jember.