Show simple item record

dc.contributor.authorUMI SYAHROZAD
dc.date.accessioned2013-12-18T03:39:14Z
dc.date.available2013-12-18T03:39:14Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070210204151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9809
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Melalui penerapan pendekatan kontekstual, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB meningkat. Keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB juga meningkat yaitu siswa mampu menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dalam waktu yang lebih cepat dari sebelumnya dan dalam menyelesaikan siswa menuliskan apa yang diketahui, ditanya, jawaban dan kesimpulan. Kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah meningkat, tingkat ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 74,19%. Pada siklus II meningkat menjadi 83,87%. Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan pendekatan kontekstual berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204151;
dc.subjectKontekstual (CTL), Keterampilan Siswa, Soal Cerita KPK dan FPBen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record