PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh dari penerapan pendekatan kontekstual dalam
pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Melalui penerapan
pendekatan kontekstual, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan
FPB meningkat. Keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB
juga meningkat yaitu siswa mampu menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dalam
waktu yang lebih cepat dari sebelumnya dan dalam menyelesaikan siswa menuliskan
apa yang diketahui, ditanya, jawaban dan kesimpulan. Kemampuan siswa setelah
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah
meningkat, tingkat ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 74,19%. Pada siklus II
meningkat menjadi 83,87%. Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II
menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan pendekatan kontekstual berhasil
membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.