Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Sarana Prasarana dan Lokasi Perumahan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Perumahan Griya Pesona Karangrejo Banyuwangi)
Date
2019-12-01Author
PUTRI, Mangesti Cariss
KOESOEMAWATI, Dewi Junita
TRISIANA, Anita
Metadata
Show full item recordAbstract
Perumahan merupakan kebutuhan yang sangat  penting bagi masyarakat.  Kepuasan konsumen atas pembelian rumah yang
ditawarkan  merupakan  impian  dari  setiap  pengembang.  Perumahan  Griya  Pesona  Karangrejo  Banyuwangi   merupakan
kawasan perumahan yang sedang berkembang ke tahap 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting suatu
perumahan apakah sudah sesuai  dengan standar   perumahan yang ada,  mengetahui  variabel  yang menjadi  prioritas  dari 
konsumen berdasarkan kualitas produk, sarana prasarana, lokasi dan kualitas pelayanan menggunakan metode QFD (Quality
Function Deployment)  dan penentuan strategi perbaikan yang harus dilakukan oleh pengembang menggunakan analisis IPA
(Importance Performance Analysis). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuisioner kepada
penghuni perumahan.Dari hasil penelitian didapatkan hasil identifikasi kondisi eksisting dilapangan, Perumahan Griya Pesona
Karangrejo Banyuwangi belum sepenuhnya memenuhi  standar  perumahan yang ada.  Urutan variabel  yang diprioritaskan
diambil 5 variabel yang terbesar dari raw weight yaitu sarana ruang terbuka hijau, perkerasan jalan/paving, keamanan terhadap
banjir,  lebar  dan kondisi  jalan utama  dan  fasilitas  pembuangan  air  kotor/drainase.  Dalam penentuan  strategi  perbaikan
berdasarkan analisis  IPA pengembang harus  melakukan perbaikan jalan sesuai  dengan standar  dan membangun saluran
drainase sesuai standar serta melakukan pengecekan terhadap kualitas produk sebelum diserahkan kepada konsumen.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7429]