Analisis Asosiasi Merek (Brand Association) Produk Deterjen Jenis Bubuk Di Kalangan Ibu Rumah Tangga Di Kota Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Asosiasi Merk (Brand Association)
Produk Deterjen Jenis Bubuk Di Kalangan Ibu Rumah Tangga Di Kota Jember”.
Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui asosiasi merk dalam bentuk citra
merk produk Rinso, Attack, Daia, dan Surf di Kota Jember. Populasi dalam
penelitian ini adalah ibu - ibu rumah tangga di Kota Jember yang mengunakan ke
empat produk tersebut. Metode sampling yang digunakan adalah membagikan
kuisioner dan wawancara dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Variabel
digunakan yaitu sebanyak 8 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah
Cochran Q Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil penelitian yang
dilakukan pada ibu rumah tangga yang memakai produk deterjen jenis bubuk
rinso di Kota Jember menunjukkan bahwa dari 8 variabel asosiasi produk merek
rinso, terdapat 7 variabel brand association produk merek rinso yang
dipertimbangkan dan membentuk brand image dari produk rinso; 2) Hasil
penelitian yang dilakukan pada ibu rumah tangga yang memakai produk deterjen
jenis bubuk suft di Kota Jember menunjukkan bahwa dari 8 variabel asosiasi
produk merek surf, terdapat 5 variabel brand association produk merek suft yang
dipertimbangkan dan membentuk brand image dari produk surf; 3) Hasil
penelitian yang dilakukan pada ibu rumah tangga yang memakai produk deterjen
jenis bubuk daia di Kota Jember menunjukkan bahwa dari 8 variabel asosiasi
produk merek daia, terdapat 5 variabel brand association produk merek daia yang
dipertimbangkan dan membentuk brand image dari produk daia; 4) Hasil
penelitian yang dilakukan pada ibu rumah tangga yang memakai produk deterjen
jenis bubuk attack di Kota Jember menunjukkan bahwa dari 8 variabel brand
association produk merek attack, terdapat 6 variabel asosiasi produk merek attack
yang dipertimbangkan atau membentuk brand image dari produk attack