THE ANALYSIS OF CREDIT RISK CONTROL AT PT. BANK RAKYAT INDONESIA OFFICE AJUNG MANGLI UNIT
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada
PT. Bank Rakyat Indonesia
1. PT. Bank Rakyat Indonesia
2. Pada BRI Unit Ajung Mangli Cabang Jember setiap pemberian kredit harus
berdasarkan surat permohonan secara tertulis yang ditandatangani oleh calon
debitur. Calon debitur mengisi formulir permohonan kredit sesuai standar
BRI. Pendaftaran permohonan kredit di BRI dilakukan oleh deksman.
Dokumen persyaratan kredit yang berupa laporan keuangan nasabah dibuat
oleh pihak bank secara estimasi berdasarkan hasil wawancara pihak bank
dengan calon debitur untuk digunakan sebagai acuan untuk prospek usaha.
3. Pengumpulan informasi yang meliputi kegiatan lapangan dilakukan oleh
Mantri. Rangkaian prosedur tersebut berada di bawah pengawasan Ka Unit.
Pengumpulan informasi debitur tersebut cenderung ditekankan pada barang
jaminan yang digunakan oleh calon dbetur untuk memperoleh kredit pada
prospek usaha yang dibiayai oleh kredit.
4. Persetujuan pencairan kredit setelah ditandatanagani oleh Ka unit dan setelah
dilakukan pemeriksaan pemenuhan dan kelengkapan dokumen diisyratkan di
dalam putusan kredit.
5. Kredit bermasalah dapat disebabkan oleh salah satu atau banyak faktor
yang harus dikenali secara dini karena adanya unsur kelemahan baik dari
sisi debitur maupun sisi intern BRI.
60
6. PT. BRI
7. Manajemen risiko berpengaruh terhadap jumlah kredit bermasalah pada
PT. Bank Rakyat Indonesia
Collections
- DP-Company Management [469]