PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN SISWA KELAS VI SDN BINTORO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bintoro 01 Jember kelas VI yang
terdiri atas 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
tes, dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan
kemampuan siswa dalam berinteraksi. Analisis data aktivitas siswa adalah
Aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran secara klasikal untuk tiap-tiap
pertemuan mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, aktivitas siswa
mencapai 73%, pertemuan II 72%. Siklus II pertemuan I 76%, pertemuan II 78%.
Pada Hasil Belajar siswa siklus 1 mencapai 83,33%, terdapat 4 siswa yang tidak
tuntas dari 24 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang
tidak tuntas dari 24 siswa.