Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Zona Futsal Jember
Abstract
Perkembangan bisnis penyewaan lapangan futsal yang semakin pesat, membuat pelaku bisnis penyedia jasa penyewaan lapangan futsal saling bersaing dengan para kompetitornya. Persaingan yang semakin pesat, mengharuskan perusahaan penyedia jasa penyewaan lapangan futsal melakukan pemasaran yang efektif. Upaya yang dapat dilakukan untuk bersaing dan dapat bertahan dari kompetitornya yaitu dengan memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan yang maksimal akan menciptakan kepuasan pelanggan, karena pelayanan yang diberikan perusahaan sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas, maka pelanggan tersebut akan datang kembali secara terus menerus dan menjadi pelanggan tetap. Lima aspek penting yang harus diperhatikan dalam kualitas pelayanan jasa menurut Parasuraman (1990), yaitu bukti fisik (Tangibles), keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Emphaty).