• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI HERMAN FELANI_001.pdf (848.4Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    HERMAN FELANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pemberian motivasi belajar dapat mendorong anak untuk meningkatkan kegiatan belajarnya. Adanya dukungan pemberian motivasi belajar dari orang tua dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang memadai akan meningkatkan prestasi belajar anak, begitu pula sebaliknya kurangnya motivasi belajar yang diberikan orang tua dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat menurunkan prestasi belajar anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive area yaitu di SMA Negeri 2 Tanggul kelas X semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proposional random sampling sebanyak 74 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (126,347>3,126) dengan a =0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare ) sebesar 0,781 atau 78,01% yang berarti variabel pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah memberikan sumbangan sebesar 78,01% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Besarnya proporsi sumbangan variabel pemberian motivasi belajar (X1) 53,27%, sedangkan variabel ketersediaan fasilitas belajar di rumah (X2) 24,74%. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel pemberian motivasi belajar (X1) sebesar 53,27%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa ekonomi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9772
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository