Show simple item record

dc.contributor.authorSulaiha A.
dc.date.accessioned2013-12-18T03:17:06Z
dc.date.available2013-12-18T03:17:06Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070210204165
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9769
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Mangunharjo 6 Probolinggo kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 79,65% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 82,22%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 90,18% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 96%. Aktivitas siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas kelompok pada siklus I sebesar 76,22%, sedangkan pada siklus II sebesar 87,65%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai persentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat persentase individu minimal 70% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 72. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan gaya. Saran yang diberikan adalah bagi guru, metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA. Bagi sekolah, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya menggunakan metode yang tepat agar siswa yang mengikuti proses belajar memperoleh hasil yang maksimal, dan bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204165;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNHARJO 6 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record