• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNHARJO 6 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_1.pdf (199.3Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Sulaiha A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Mangunharjo 6 Probolinggo kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 79,65% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 82,22%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 90,18% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 96%. Aktivitas siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas kelompok pada siklus I sebesar 76,22%, sedangkan pada siklus II sebesar 87,65%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai persentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat persentase individu minimal 70% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 72. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan gaya. Saran yang diberikan adalah bagi guru, metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA. Bagi sekolah, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya menggunakan metode yang tepat agar siswa yang mengikuti proses belajar memperoleh hasil yang maksimal, dan bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9769
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository