Pengaruh Demografi Konsumen Dan Atribut Toko Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Toko Ritel Basmalah Cabang Bondowoso
Abstract
Di era globalisasi kebutuhan konsumen terhadap suatu produk semakin
beragam. Hal tersebut ditandai dengan semakin meluasnya kegiatan pemasaran di
dunia bisnis yang mendorong perusahaan untuk dapat bersaing dalam memenuhi
kebutuhan konsumen. Salah satu kegiatan pemasaran di dunia bisnis yang banyak
bermunculan saat ini ialah bisnis ritel. Bisnis ritel merupakan bisnis yang menjual
berbagai macam produk secara eceran untuk memenuhi kebutuhan individu,
kelompok atau pemakai akhir. Salah satu bisnis ritel yang sedang berkembang
pesat di Indonesia yaitu toko ritel Basmalah cabang Bondowoso. Agar toko ritel
Basmalah cabang Bondowoso terus berkembang yaitu dengan memperhatikan
keputusan pembelian ulang yang ditentukan oleh demografi konsumen dan atribut
toko. Toko ritel yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai
dengan demografi konsumen saat melakukan pembelian pertama kali, akan
berdampak pada pembelian selanjutnya, begitu pula dengan atribut toko, semakin
lengkap dan bagus atribut yang ada pada toko ritel maka akan berdampak pada
pembelian selanjutnya. Hal tersebut dikarenakan atribut toko memiliki peranan
penting yang dapat menimbulkan suatu perasaan pada konsumen sehingga
konsumen tertarik untuk melakukan keputusan pembelian ulang.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh demografi konsumen dan
atribut toko terhadap keputusan pembelian ulang pada toko ritel Basmalah cabang
Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data dalam
penelitian ini diperoleh dari wawancara dan hasil jawaban kuesioner pada 120
responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Logistik
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]