Pengaruh Viral Marketing Dan Word of Mouth Terhadap Minat Membeli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Warunk Upnormal Jember (Riset Pada Pasar Potensial DI Kota Jember)
Abstract
Jenis usaha yang saat ini yang dapat berkembang pesat melalui strategi
viral marketing adalah bisnis di bidang kuliner. Bisnis kuliner adalah bisnis yang
menjanjikan saat ini ditandai semakin banyaknya bisnis di bidang kuliner, hal itu
terjadi karena bisnis kuliner dapat mencapai margin yang sangat tinggi. Di Jember
terdapat bisnis kuliner yang saat ini hits yaitu Warunk Upnormal. Strategi
pemasaran yang digunakan oleh Warunk Upnormal lebih memanfaatkan media
sosial sebagai sarananya, dan oleh karena itu Warunk Upnormal memanfaatkan
strategi viral marketing sebagai strategi promosinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan
word of mouth terhadap minat membeli konsumen melalui kepercayaan
konsumen. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 108 responden yang
ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis).
Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan sumber
data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari jawaban
kuesioner responden, sumber data sekunder diperoleh melalui studi pustaka
dengan literature yang mendukung seperti jurnal, buku, artikel dan internet. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu viral marketing
dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli
konsumen melalui kepercayaan konsumen Warunk Upnormal Jember.