PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PERSEBARANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING: THINK - PAIR - SHARE DI SDN GEBANG O3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share mata pelajaran IPS
kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03
kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 25 Juli 2011 sampai tanggal 30 September
2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 47 siswa, terdiri
dari 28 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah
menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir
sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam
memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan
peneliti.
Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I Bertanya
atau menjawab 53,7%, menyelesaikan masalah 52,2%, diskusi dan interaksi 54,3%,
presentasi hasil diskkusi 51,1%, memperhatikan penjelasan guru 53,7%, sampai
pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, Bertanya atau menjawab 87,2%,
menyelesaikan masalah 89,8%, diskusi dan interaksi 88,8%, presentasi hasil diskkusi
90,4%, memperhatikan penjelasan guru 90,9% Kemudian hasil analisis ketuntasan
belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I secara
klasikal sebesar 63,61 dengan 25 siswa yang blm tuntas dan siklus II secara klasikal
sebesar 75,85 dengan 47 siswa tuntas
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran
Cooperative Learning: Think-Pair-Share untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patranng kabupaten Jember berjalan dengan
baik dengan persentase pada siklus I adalah 54,2% meningkat pada siklus II menjadi
88,08%. Siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran.
Meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat sedikit hambatan pada proses
pembelajaran dan presentasi hasil diskusi. Namun, hal itu dapat diatasi dengan
memberikan bimbingan yang lebih intensif pada siswa, (2) Penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil
belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara
klasikal sebesar 53,19% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal sebesar 100%
(tuntas).
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dapat menerapkan
model pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share sebagai alternative
dalam proses pembelajaran IPS.