Pengembangan Materi Ajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Bondowoso Kelas IV SDN Tamanan 01
Abstract
Pada kurikulum 2013, guru kelas IV di SDN Tamanan 01 hanya berpacu
pada buku tematik yang telah disediakan pemerintah dalam proses pembelajaran.
Buku Siswa yang diberikan oleh pemerintah digunakan di seluruh wilayah
Indonesia. Sedangkan daerah tempat tinggal dan lingkungan siswa sangat
beragam namun kearifan lokal pada masing-masing daerah siswa tidak termuat
dalam buku tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan materi
ajar tematik berbasis kearifan lokal Bondowoso pada tema Indahnya Keragaman
di Negeriku untuk kelas IV SD, selanjutnya dari hasil pengembangan tersebut
diukur validitas materi ajar tematik berbasis kearifan lokal Bondowoso, hasil
belajar siswa, dan respon siswa untuk mengukur kelayakan materi ajar yang
dikembangkan. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka rumusan
masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan
materi ajar tema Indahnya Keragaman di Negeriku berbasis kearifan lokal
Bondowoso kelas IV SDN Tamanan 01.