Analisis Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pos pada PT Pos Indonesia di Jember
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang Nomor: 38 tahun 2009 tentang Pos (UU Pos
No. 38/2009), pos adalah layanan komunikasi tertulis dan/atau surat elektronik,
layanan paket, layanan logistik, layanan transaksi keuangan, dan layanan keagenan
pos untuk kepentingan umum. Persaingan industri di bidang perposan sejak
berlakunya undang-undang tersebut menjadi semakin kompetitif. Hal ini membuat
masyarakat dihadapkan oleh banyaknya alternatif pilihan jasa pos dari berbagai
penyelenggara dengan penawaran produk dan layanan yang dapat memenuhi
kepuasan konsumen, dan tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan
menimbulkan preferensi konsumen. Preferensi konsumen merupakan hal yang
penting khususnya dalam pemasaran karena berhubungan erat dengan keberhasilan
suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya, yaitu keputusan pembelian
yang dilakukan oleh konsumen atas dasar preferensi konsumen tersebut. Penelitian
ini menganalisis tentang perilaku konsumen khususnya mengenai proses
pengambilan keputusan pembelian dan preferensi konsumen terhadap jasa pos pada
PT Pos Indonesia yang dilakukan di PT Pos Indonesia Kantor Pos Besar Jember
pada bulan Januari sampai Februari 2019.