Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorALFARISI, Ridho
dc.contributor.authorAENI, Dwi Nur
dc.date.accessioned2020-04-01T02:37:39Z
dc.date.available2020-04-01T02:37:39Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97553
dc.description.abstractLiterasi matematika adalah kemampuan seseorang dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam bermacam konteks. Dalam hal ini termasuk kemampuan dalam bernalar secara matematis, menggunakan konsep, fakta, dan prosedur. Diketahui pada saat observasi bahwa literasi matematika siswa kelas VI SDN Jember Lor 05 masih rendah. Hal ini berkaitan pula dengan kemampuan matematika siswa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah memang benar literasi matematika siswa kelas VI SDN Jember Lor 05 tergolong rendah. Penelitian yang akan dilakukan terkait dengan literasi matematika siswa dalam hal merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian matematika yang ditinjau dari kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor 05, dengan subjek penelitian 37 siswa kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dari 37 siswa terdapat 5 siswa (13,5%) berkemampuan matematika rendah, terdapat 27 siswa (73%) berkemampuan matematika sedang, dan 5 siswa (13,5%) berkemampuan matematika tinggi. Hasil analisis data tes literasi matematika siswa menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan yang terlihat pada siswa berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Siswa berkemampuan matematika rendah, literasi matematika siswa juga cenderung rendah. Siswa berkemampuan matematika rendah memiliki kecenderungan tidak menuliskan dengan lengkap dan benar tentang apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Siswa belum mampu merumuskan masalah ke dalam model matematika serta tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut. Siswa menyelesaikan soal dengan benar untuk soal pertama meskipun tidak dapat menjelaskan konsep apa yang digunakan, sedangkan untuk soal kedua dan ketiga tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Siswa tidak menafsirkan hasil penyelesaian dan tidak menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Siswa berkemampuan matematika sedang, cenderung memiliki literasi matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan matematika rendah. Siswa berkemampuan matematika sedang memiliki kecenderungan untuk menuliskan tentang apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Siswa mampu merumuskan masalah kedalam model matematika namun terdapat beberapa siswa yang tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut. Siswa menyelesaikan soal dengan benar tetapi terdapat penggunaan konsep matematika yang kurang tepat. Siswa tidak menafsirkan hasil penyelesaian dan tidak menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Siswa berkemampuan matematika tinggi, cenderung memiliki literasi matematika yang tinggi pula. Siswa berkemampuan matematika tinggi memiliki kecenderungan menuliskan secara benar dan tepat tentang apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Siswa merumuskan masalah ke dalam model matematika. Siswa mampu merancang strategi penyelesaian permasalahan secara runtut, menggunakan konsep matematika, dan menyelesaikan soal dengan tepat. Siswa mampu menafsirkan hasil penyelesaian dan menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Adapun saran agar penelitian ini dapat bermanfaat yaitu bagi guru, diharapkan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal literasi matematika atau soal HOTS yang membutuhkan penalaran tinggi. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian sejenis. Hal yang perlu diperhatikan bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan untuk membuat soal yang dapat memungkinkan siswa untuk memenuhi semua indikator literasi matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries1602010204050;
dc.subjectKemampuan Matematikaen_US
dc.subjectLiterasien_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titleLiterasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SDN Jember Lor 05en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record