Show simple item record

dc.contributor.advisorWidayati, Endang Sri
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorMahbub, M. Adib
dc.date.accessioned2020-04-01T00:59:32Z
dc.date.available2020-04-01T00:59:32Z
dc.date.issued2019-04-23
dc.identifier.nim140210402042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97534
dc.description.abstractMetode pembelajaran Praktik Berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) dapat mengaktifkan siswa, yang biasanya digunakan dalam proses pembelajaran membaca karena siswa akan menggunakan pengetahuan dan imajinasinya sendiri. Pada model ini, guru memperhatikan latar belakang pengetahuan siswa dan membantu siswa mengaktifkan pengetahuan agar bahan pelajaran menjadi lebih bermakna. Siswa dirangsang untuk di kembangkan kemampuan berfikir dan berimajinasi dengan bercerita. Kemampuan bercerita siswa dapat dihubungkan dengan kemampuan menulis. Ide/gagasan siswa akan dihargai sehingga siswa merasa makin termotivasi untuk belajar. Selain itu, siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan peningkatkan kemampuan berkomunikasi. Metode pembelajaran Praktik Berpasangan dapat digunakan pada pembelajaran membaca, menulis, dan berbicara. Rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengentahui dan menganalisis penerapan metode Praktik Berpasangan untuk meningkatkan kemampuan bercerita imajinatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muncar, serta peningkatan kemampuan bercerita imajinatif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muncar setelah diterapkannya metode Practice Rehearsal Pairs. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muncar, dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dengan di terapkan metode praktik berpasangan (Practice Rehearsal Pairs). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, catatan lapangan, wawancara, dan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan ada dua, yakni instrument pengumpulan data dan instrument pemandu analisis.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPractice Rehearsal Pairsen_US
dc.subjectKemampuan Berceritaen_US
dc.subjectImajinatifen_US
dc.titlePenerapan Metode Praktik Berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) untuk Meningkatan Kemampuan Bercerita Imajinatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muncaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record