• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Praktik Berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) untuk Meningkatan Kemampuan Bercerita Imajinatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muncar

    Thumbnail
    View/Open
    M. Adib Mahbub - 140210402042_1.pdf (3.608Mb)
    Date
    2019-04-23
    Author
    Mahbub, M. Adib
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran Praktik Berpasangan (Practice Rehearsal Pairs) dapat mengaktifkan siswa, yang biasanya digunakan dalam proses pembelajaran membaca karena siswa akan menggunakan pengetahuan dan imajinasinya sendiri. Pada model ini, guru memperhatikan latar belakang pengetahuan siswa dan membantu siswa mengaktifkan pengetahuan agar bahan pelajaran menjadi lebih bermakna. Siswa dirangsang untuk di kembangkan kemampuan berfikir dan berimajinasi dengan bercerita. Kemampuan bercerita siswa dapat dihubungkan dengan kemampuan menulis. Ide/gagasan siswa akan dihargai sehingga siswa merasa makin termotivasi untuk belajar. Selain itu, siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan peningkatkan kemampuan berkomunikasi. Metode pembelajaran Praktik Berpasangan dapat digunakan pada pembelajaran membaca, menulis, dan berbicara. Rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengentahui dan menganalisis penerapan metode Praktik Berpasangan untuk meningkatkan kemampuan bercerita imajinatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muncar, serta peningkatan kemampuan bercerita imajinatif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muncar setelah diterapkannya metode Practice Rehearsal Pairs. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muncar, dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dengan di terapkan metode praktik berpasangan (Practice Rehearsal Pairs). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, catatan lapangan, wawancara, dan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan ada dua, yakni instrument pengumpulan data dan instrument pemandu analisis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97534
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository